Jumat, 30 Juli 2010

Damien Hirst: Seonggok bangkai yg menjadikan seniman terkaya dunia



Rock It!

(Lahir 7 Juni 1965) Seorang seniman Inggris dan yang paling menonjol saat ini, salah satu anggota kelompok yang dikenal sebagai "Young British Artists" (atau YBAs), yang mendominasi perkembangan seni di Britania pada tahun 1990-an. Terkenal sebagai seniman internasional sekaligus sebagai seniman terkaya saat ini.
Kematian adalah suatu tema sentral dalam karya-karya Hirst. Dia menjadi terkenal karena serangkaian eksperimen dalam karya2nya, di mana bangkai binatang (termasuk ikan hiu, domba dan sapi) yang diawetkan, terkadang membedah anatomi binatang2 tsb, untuk mendapatkan nilai2 artistik dr bagian organnya. Hiu harimau terbenam dalam formaldehida & vitrine menjadi ikon karya seniman Inggris ini pada 1990-an, dan simbol Britart di seluruh dunia.
Pada September 2008, karyanya "Beautiful Inside My Head Forever", di Sotheby's melalui lelang terjual diluar perkiraan, terjual dengan harga fantastis, yaitu £ 111 million ($ 198 juta), kalau di rupiahkan kurang lebih sekitar Rp 1,7 trilyun gan. memecahkan rekor sebagai artis lelang. Hirst juga mencatatankan sendiri penjualan karya lain dengan £ 10.3 juta untuk The Golden Calf, binatang dengan 18-karat emas tanduk dan kuku, disimpan dalam formaldehida.

Dan ini beberapa karya2 dr Damien Hirst :











sumber : http://kask.us/3538942





Komentar kamu sangat berharga bagi kami