Minggu, 31 Oktober 2010

Jenderal Rusia Pembantai Umat Islam Chechnya Itu Alami Kecelakan Parah



Rock It!

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya menyatakan bahwa Panglima Angkatan Udara Rusia Jenderal Vladimir Shamanov, Sabtu kemarin (30/10) terluka parah dalam sebuah "kecelakaan" di selatan ibukota Moskow.

http://a.cdn.tendaweb.com/fckfiles/image/foto/shamanov.jpg

Jenderal Shamanov - yang dianggap sebagai pahlawan di Rusia karena catatan militernya - namun oleh banyak LSM dirinya dianggap penjahat karena terlibat dalam pelaksanaan kejahatan perang dan pelanggaran HAM terhadap muslim Chechnya.

Insiden kecelakaan yang menimpa Shamanov terjadi ketika mobil BMW dari Kementerian Rusia yang dinaiki Jenderal Shamanov, mengalami tabrakan dengan sebuah truk di wilayah Tula, sekitar 200 km selatan Moskow.

Hasil kecelakaan itu menewaskan pengemudi selain melukai petugas lain yang berpangkat kolonel di Angkatan Udara. Sedangkan jenderal Shamanov sendiri (53 tahun) menurut laporan departemen pertahanan Rusia, dinyatakan mengalami luka parah namun tidak membahayakan hidupnya.

Jenderal Shamanov termasuk tokoh kontroversial di Rusia, dan dia telah menerima peringatan pada bulan Oktober 2009, karena "mencoba penyalahgunaan kekuasaan" setelah ia mengirim pasukan untuk mencegah pemeriksaan terhadap pabrik yang dimiliki oleh saudaranya.

Pada tahun 2007, "Human Rights Watch" menyatakan bahwa jenderal Shamanov terlibat dalam pelanggaran berat hak asasi manusia di Chechnya.(fq/imo)


Komentar kamu sangat berharga bagi kami